WhatsApp merupakan salah satu platform pesan instan yang sangat populer di seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur-fitur menarik di dalamnya

Nah, bagaimana agar pesan kamu dengan teman-teman kamu dan juga file-file didalamnya tidak hilang meskipun kamu mengganti ponsel? Kamu butuh cara back-up data di aplikasi WhatsApp tanpa Google Drive ini.

Back-up data WhatsApp atau mencadangkan pesan beserta file, menjadi sebuah hal yang penting dilakukan bagi semua pengguna WhatsApp. Mungkin saja banyak orang yang kurang memperhatikan hal ini, termasuk kamu.

Mungkin saja kamu pernah melakukan uninstal Aplikasi WhatsApp kamu dengan tidak sengaja atau kamu mengembalikan ponsel kamu ke setelan pabrik, atau kamu mengganti sebuah ponsel baru.

Dalam beberapa kasus diatas, membuat Aplikasi WhatsApp yang sebelumnya ada di ponsel kamu menjadi hilang. Sebenarnya kalau cuma aplikasinya saja itu mungkin tidak menjadi masalah.

Kamu hanya perlu menginstalnya lagi di Google Play Store dan membuat akun sayang sama dengan nomor ponsel yang sama.

Tapi, yang menjadi masalah adalah, Semua pesan kita dengan juga hilang entah kemana. Semua pesan yang pernah kamu kirim, termasuk semua file-file yang kita terima juga ikut hilang, entah kemana.

Atau pesan WhatsApp yang mungkin bagi kamu penting, seperti bisnis ataupun daftar pesanan dan sebagainya.

 

Nah, cara yang aman agar semua pesan kamu tidak hilang adalah, dengan mem-back-up atau mencadangkan pesan WhatsApp kamu. Whatsapp sendiri telah lama sekali memiliki fitur yang penting ini.

Pesan kamu akan disimpan di penyimpanan internet seperti GD (Google Drive). Jadi, meskipun kamu menganti ponsel baru, atau berulang kali melakukan setelan pabrik, kamu tidak perlu khawatir lagi.

Semua pesan di WhatsApp kamu akan dikembalikan dengan mudah. Selain membackup ke Google Drive kamu juga bisa menyimpan pesan kanu di Memori Eksternal.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan cara mencadangkan secara manual. Kamu hanya perlu mengcopy dan paste file WhatsApp ke penyimpanan memori di ponsel kamu.

Sebenarnya, banyak sekali cara untuk mencadangkan pesan kamu di WhatsApp tersebut, kamu bisa menggunakan flashdisk ataupun laptop sebagai ganti memori eksternal kamu.

Tetapi cara ini kurang simpel, jika kamu harus menggunakan laptop atau komputer, tapi jangan khawatir kamu juga bisa mencadangkan pesan WhatsApp kamu di memori internal kamu. Berikut langkahnya untuk mencadangkan pesan WhatsApp kamu tanpa Google Drive.

Cara Backup WhatsApp Tanpa Google Drive

Nah berikut ini bisa kamu coba cara backup WhatsApp tanpa Google Drive pada smartphone kamu, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan memori internal sebagai alternatif.

  • Pertama, kamu buka file yang menyimpan data WhatsApp kamu. Itu bisa temukan dengan membuka penyimpanan internal di ponsel kamu, dan cari folder WhatsApp.
  • Kemudian, kamu salin satu file tersebut dan pindahkan ke memori atau dimana pun sesuai yang kamu keinginan.
  • Untuk mengcopy folder ini caranya bermacam-macam tergantung merk ponsel kamu. Kamu bisa menekan lama foldernya dan pilih opsi copy atau salin. Lalu kamu paste folder WhatsApp tersebut di memori eksternal.

Setelah kamu melakukan back-up, lalu bagaimana kamu akan mengembalikan atau merestore pesan ataupun file WhatsApp tersebut.

Sayangnya WhatsApp tidak menyediakan opsi untuk pemulihan pesan di menu pengaturan. Tapi kamu memiliki kesempatan ketika awal menginstal aplikasi WhatsApp tersebut.

Biasanya setelah kamu verifikasi nomor ponsel, akan muncul tawaran “Pulihkan WhatsApp”. Dan menu inilah yang kamu gunakan.

Untuk pemulihan pesan ataupun file WhatsApp dari memori eksternal, kamu hanya perlu menginstal WhatsApp seperti biasanya.

Dan WhatsApp akan otomatis mengambil back-up data yang ada di penyimpanan ponsel kamu, baik di eksternal maupun internal.

Nah, itu tadi cara backup WhatsApp tanpa Google Drive. Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.