Cara membuka PIN HP yang lupa memang diperlukan bagi kamu yang mengalami kondisi tersebut. Tentunya normal jika kamu lupa akan PIN di ponsel kamu.

Apalagi jika terlalu banyak PIN atau password yang kamu ingat atau bahkan kamu memiliki 2 ponsel yangs ama sama di PIN dan juga sering kali gonta ganti PIN atau password.

Fitur PIn sendiri dihadirkan dalam ponsel pintar sudah lama, tentunya hal tersebut dihadirkan sebagai sebuah fitur keamanan untuk menjaga privacy dan akses mencurigakan selain kamu.

Maka, memang wajib sekali menerapkan PIN atau sistem keamanan di ponsel  kamu tersebut. Namun, memang menjadi sebuah kendala yang sangat mengganggu ketika kamu justru lupa. 

Cara Membuka PIN HP Yang Lupa (Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Huawei)

Cara Membuka PIN HP Yang Lupa (Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Huawei)

Seperti pembasahan kami di atas, yang mana kali ini kami akan memberikan car untuk kamu yang lupa PIN di ponsel kamu sendiri.

Sebagai sebuah metode keamanan yang dihadirkan secara default di sebuah ponsel PIN memang kerap kali diandalkan. Namun,sebagai manusia  lupa adalah sifat yang melekat juga. 

Nah, langsung saja, berikut kami akan menjelaskan beberapa cara  atau metode yang bisa kamu gunakan sebagai cara membuka PIN HP yang lupa :

1. Find My Device

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ketika lupa dan tidak bisa mengakses perangkat kamu ketika melupakan PIN adalah dengan Find My Device.

Namun, Find My Device sendiri merupakan sistem yang bekerja untuk android dengan versi 2.3 dan terbaru tentunya. Tentunya hal ini bisa kamu lakukan jika sebelumnya menginstall aplikasi Find my device ini. 

Kamu bisa menggunakan akun Google kamu kemudian nantinya akan dihubungkan ke perangkat melalui komputer atau PC. Kamu juga bisa memilih perangkat yang akan kamu gunakan tersebut.

Nantinya kamu akan diminta memilih opsi untuk lock dan setelahnya kamu akan mendapatkan kode baru, sehingga dengan kode tersebut kamu bisa mengakses ponsel kamu lagi. 

2. Smart Lock

Selanjutnya ada  smart lock yang mana memiliki keamanan dan juga system  yang ketat sehingga akan aman untuk digunakan kemudian. Kemudian smart lock juga bisa digunakan mulai dari android di versi 5.0 dimana memiliki fitur smart lock terbaru.

Dengan begitu akan mudah bagi pengguna untuk membuka kunci atau PIN secara otomatis ketika dalam kondisi lupa PIN tersebut. Nah, fitur ini juga bisa diatur di banyak kondisi. 

3. Keamanan Dari Pihak Ketiga

Berikutnya  beberapa produsen sendiri mengkolaborasikan perangkat lunak keamanan mereka seperti Samsung dengan Find  My Mobile misalnya. Dengan menggunakan fitur tersebut akan mudah untuk melewati layar terkunci atau lupa PIN.

Tentunya hal tersebut bisa dilakukan jika kamu sebagai penggunanya telah antisipasi dan mengaturnya. Kamu bisa mengunjungi situs web di perangkat ponsel kamu tersebut untuk membuka kunci ponselnya.

4. Menggunakan Akun Google

Berikutnya kamu pengguna ponsel android dengan type 4,4 bisa dengan mudah menggunakan alternatif ini ketika kamu lupa PIN ponsel android kamu tersebut.

Nantinya, kamu bisa memasukan pola dan PIN sebanyak 5 kali. Kemudian jika sudah itu kamu bisa klik tulisan lupa pola uag ada di layar ponsel kamu tersebut kemudian kamu bisa klik tulisan masuk ke akun Google.

Jika sudah nantinya akan melakukan proses autentikasi  menggunakan akun Google kamu tersebut. Sehingga nantinya kamu akan diminta memiliki PIN, POLA atau Kunci baru pernagkat ponsel kamu itu. Mudah Bukan?

5. Factory Reset

Terakhir, jika kamu gagal melakukan cara cara diatas, maka kamu bisa dengan mudah menggunakan cara terakhir dengan melakukan factory reset.

Tentunya, kamu memiliki resiko yang cukup besar ketika melakukan factory reset karena nantinya akan menghapus data dan melakukan penyetelan ulang perangkat keras kamu tersebut.

Itulah cara terakhir yang bisa kamu lakukan, dan tentunya menggunakan cara ini kamu bisa masuk kembali ke HP kamu tanpa harus menggunakan PIN. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa kembali masuk ketika kamu lupa PIN di ponsel android kamu tersebut. Semoga bermanfaat.