Chipset Teranyar Samsung Exynos 2400 Hadir Dengan CPU 10 Inti

Samsung nampaknya belum menyerah dalam mengembangkan chipset Exynos-nya. Kabar terbaru menghadirkan bahwa chipset terbaru ini terungkap dalam situ benchmark Antutu di China yang mengungkapkan bahwa Samsung Exynos 2400 akan hadir pada Samsung Galaxy S24 yang akan rilis tahun depan.

Samsung sendiri biasanya merilis chipset Exynos di Afrika, Eropa, Amerika Selatan dan beberapa negara asia, namun pada tahun 2023, Samsung hanya merilis smartphone dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy saja.

Menariknya untuk keluaran flagship Samsung tahun depan, Samsung kembali akan menghadirkan chipset Exynos 2400 yang dibekali dengan manufaktur 4nm baru yang sudah ditingkatkan oleh Samsung yang bekerja sama dengan AMD.

Exynos 2400 akan hadir dengan CPU 10 inti dan ditenagai dengan GPU Xclipse 930 yang sudah ditingkatkan. GPU ini memiliki peningkatan grafis dua kali lipat dari RDNA 2 AMD.

Xclipse 940 akan menampilkan WGP (Workgroup Processor) sebanyak 12 inti PGU. WGP merupakan teknologi baru yang dikembangkan oleh Samsung dan AMD untuk line chipset Exynos kedepannya.

Walaupun begitu, masih belum jelas apakah chipset Exynos 2400 akan bisa menyaingi chipset Snapdragon 8 Gen 3 dari Qualcomm atau tidak. Namun hadirnya WGP merupakan langkah besar bagi Samsung untuk kembali menghadirkan Exynos mereka.

Chipset Exynos 2400 ini akan mendukung RAM LPDDR5X dengan penyimpanan UFS 4.0. Sedangkan untuk ISP baru akan mendapatkan sensor 320 MP dan perekaman hingga 8K pada 60 fps. Hadirnya juga modem 5300 baru yang sudah diintegrasikan.

CPU dengan konfigurasi 10 inti memang sudah lama dihadirkan oleh MediaTek, namun MediaTek tidak begitu berhasil dengan chipset Deca-core nya. Kini Samsung siap membawa chipset dengan konfigurasi ini di kelas flagship.

Exynos 2400 hadir dengan konfigurasi 1 + 2 + 3 + 4 pada arsitektur ARMv9 dengan konfigurasi sebagai berikut:

Riswan Suandi

About Riswan Suandi

View all posts by Riswan Suandi

Postingan Terkait