Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh

Kamu pasti pernah mengalami layar HP Android yang tidak bisa disentuh atau tidak merespon, hal ini bisa terjadi karena masalah pada layar maupun pada software dari perangkat yang kamu gunakan seperti penggunaan memori yang terlalu besar sehingga saat terjadi hang tentunya sensitivitas pada layar akan ikut terganggu.

Sebaiknya kamu tidak panik dan buru-buru mengganti layar ponselmu ke service center, kamu bisa memperbaiki layar ponsel mu dengan beberapa cara.

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar ponsel yang tidak bisa disentuh, berikut cara-cara yang bisa kamu ikuti :

1. Lepas Pelindung Layar

Biasanya kamu menggunakan pelindung layar untuk melindungi layar dari goresan atau retakan apabila ponsel mu terjatuh, tapi perlu kamu ketahui dengan menggunakan screen protector ternyata bisa menghambat sinyal sentuhan kamu.

Baca Juga :  Cara Menambah Kapasitas Memori Internal Android Sesuka Hati

Jika layar atau touchscreen error atau tidak merespon, kamu bisa melepas pelindung layar terlebih dahulu hal ini patut kamu coba sebelum kamu membawa ponsel mu ke service center.

2. Restart Ponsel

Kamu perlu melakukan restart pada ponsel jika layar atau touchscreen yang kamu gunakan tidak bisa disentuh, hal ini merupakan yang mudah namun siapa sangka cara ini cukup efektif untuk mengatasi ponsel yang tidak bisa disentuh.

Cukup dengan menekan dan menahan tombol power dan pilihlah restart jika layar masih bisa disentuh, dan apabila tidak cukup tahan tombol poser beberapa detik dan ponsel akan mati.

3. Diagnosa Display

Kini pada Google Play Store sudah banyak aplikas yang bisa mendiagnosa display ponsel yang kamu gunakan, salah satu aplikasinya adalah display tester yang bisa kamu dapatkan secara gratis, jika kamu sudah menggunakan aplikasi ini masuklah ke tab test dan pada tahap ini kamu akan melakukan berbagai jenis test.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Pulsa Yang Hilang Indosat

Jika sudah berhasil melakukan uji multi touch berarti layar pada ponsel yang kamu gunakan masih aman dan dapat berfungsi dengan normal.

4. Lepaskan SIM Card

Hal ini bisa mengatasi layar yang bermasalah dengan cara mematikan ponsel dan keluarkanlah SIM card serta memory yang ada pada ponsel, setelah itu nyalakan kembali ponse; dan lakukan pengecekan pada layar apabila layar disentuh dan berfungsi kembali silahkan masukan SIM Card beserta memori card tersebut.

5. Masuk Safe Mode

Jika safe mode memungkinkan untuk kalian gunakan hal ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar yang tidak bisa disentuh, caranya cukup masuk ke safe mode, tekan dan tahan tombol power, kemudian kalian akan melihat prompt untuk masuk ke safe mode, klik accept dan ponsel akan masuk ke safe mode.

Baca Juga :  Cara Mengganti Nama FB Sesuka Hati

Itulah cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh yang kalian bisa ikuti. Selamat mencoba!