Cara Mengecek Virus di Laptop

Ingin tahu cara mengecek virus di laptop? Bisa dipastikan bahwa virus pada laptop bukan sesuatu yang asing lagi bagi para pengguna laptop. Virus atau malware menjadi hal yang menakutkan bagi para pengguna laptop.

Dimana program ini kerap memberikan dampak buruk bagi sebuah perangkat. Salah satunya bisa menyebabkan hilangnya data penting yang ada pada perangkat tersebut. Lantas bagaimana cara mengetahui adanya virus pada laptop? Seperti yang diketahui, virus bisa masuk ke perangkat laptop.

Biasanya saat perangkat tersebut melakukan transfer file menggunakan flashdisk, menginstal sebuah aplikasi melalui internet dan lain sebagainya. Virus juga dapat menyerang sistem operasi, bahkan dapat merusak sistem seperti hardware.

Cara mengecek Virus di Laptop

Cara Mengecek Virus di Laptop

Nah, untuk mengetahui tanda-tanda adanya virus di laptop kamu, berikut ini kami akan memberitahu kamu mengenai beberapa cara mengecek virus di laptop kamu terserang virus atau tidak, silahkan ikuti alasannya dibawah ini.

Cek Aktivitas HDD atau SSD

Pertama cara mengecek virus di laptop dengan cek HDD atau SSD. Jika kamu tidak dalam menjalankan program atau apapun dan lampu hard drive kamu masih terus berkedip, atau kamu mengira bahwa hard drive kamu sedang bekerja, maka kemungkinan laptop atau komputer kamu telah terserang virus.

Baca Juga :  Cara Upload File ke Google Drive

Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Boot-Up

Kedua cara mengecek virus di laptop, Jika kamu mengetahui bahwa laptop kamu membutuhkan waktu yang cukup lama atau bukan waktu yang semestinya saat dinyalakan, kemungkinan besar perlambatan startup tersebut disebabkan oleh adanya virus.

Dan ketika kamu tidak bisa login ke Windows, bahkan kamu telah melakukannya dengan log yang benar, maka tidak lain kemungkinan virus telah mengambil alih log saat proses tersebut.

Perhatikan Lampu Modem Kamu

Jika kamu tidak dalam menjalankan program apa-apa dan lampu transfer light modem kamu terus berkedip, mungkin saja ada virus yang melakukan transfer data menggunakan jaringan.

Program Yang Crash

Jika program reguler kamu sering mengalami crash daripada sebelumnya, kemungkinan virus telah memasuki sistem operasi di perangkat kamu. Program yang membutuhkan waktu yang lebih lama ketika dinyalakan atau lambat, hal ini menjadi salah satu ciri bahwa perangkat laptop kamu terinfeksi virus.

Pesan Pop-Up

Jika laptop kita terinfeksi virus, kamu akan mulai melihat pesan pop-up yang muncul di layar kamu, bahkan saat kamu tidak menjalankan program. Pesan pop-up tersebut akan tetap muncul.

Virus juga bisa mengubah tampilan wallpaper laptop kamu dengan sendirinya. Jika kamu menemukan laptop kamu dengan wallpaper baru dan kamu tidak mengubahnya, kemungkinan laptop kamu terserang virus.

Perhatikan File Di Laptop Kamu

Virus dapat menghapus folder atau file, bahkan juga bisa melakukan perubahan tanpa persetujuan kamu. Jika dokumen kamu hilang, maka kemungkinan adanya virus di perangkat laptop kamu.

Periksa Browser Yang Kamu Gunakan

Browser yang bisa membuka halaman baru, atau kamu tidak bisa menutup sebuah tap. Dan juga pop-up mungkin akan muncul segera ketika kamu membuka browser tersebut. Ini merupakan tanda yang kurang baik, sebab kemungkinan browser kamu telah dibajak oleh virus spyware. 

Nah, itu tadi cara mengecek virus di laptop kamu. Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.