Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam Hanya Ada Kursor Windows 10

Apakah kamu mengalami masalah layar laptop hitam hanya ada kursor windows 10? Jika iya, kamu tidak perlu khawatir, ini cara mengatasinya.

Sebab masalah seperti ini tidak sama dengan Blue Screen of Death yang cenderung dapat merambat pada kerusakan hardware. Black screen sendiri perlu kamu pahami bahwa sebagai adalah masalah yang wajar.

Apalagi saat kamu baru saja update windows. Pada umumnya Black screen muncul di layar komputer atau laptop yang sedang error ketika proses booting berlangsung. Layar laptop hitam hanya ada kursor windows 10 saja.

Dan masalah layar hitam pada windows 10 biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya seperti perangkat tersebut kurang mendukung saat menjalankan update, banyaknya program yang di pasang atau pembaharuan yang belum selesai.

Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam Hanya Ada Kursor Windows 10

Nah, saat layar laptop hitam hanya ada kursor windows 10. Maka kamu tidak perlu melakukan instalasi ulang. Dimana kami akan memberikan cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi layar hitam pada windows 10, berikut ini silahkan simak baik-baik.

  • Pertama matikan komputer ataupun Laptop Kamu. Kemudian hidupkan kembali sehingga menampilkan layar berwarna biru dengan menu log in, pastikan jangan log in.
  • Kamu tekan beberapa detik tombol shift, lalu tekan tombol power yang ada di sebelah kanan bawah, lalu tekan ‘Restart’ sehingga kamu masuk pada menu lanjutan.
  • Di menu tersebut, kamu akan melihat banyak pilihan untuk melanjutkan proses troubleshoot, booting atau kamu bisa mematikan perangkat.
  • Silahkan kamu pilih opsi ‘Troubleshoot’ lalu tekan ‘Advanced Options’.
  • Selanjutnya layar ‘Advanced Options’ akan terbuka. Tekan opsi ‘Windows Startup Setting’, lalu tekan ‘Restart’.
  • Kamu akan masuk ke menu. Disana kamu memiliki banyak pilihan yang tersedia di menu. Silahkan kamu pilih ‘Enable Safe Mode’ yaitu menekan tombol angka F4 atau 4.

Setelah langkah tersebut selesai, maka komputer atau laptop kamu akan menyala dalam Safe Mode atau Mode Aman. Perlu diketahui, komputer atau laptop dalam keadaan black screen tidak dapat masuk ke dalam mode normal.

Bila penyebab layar laptop hitam hanya ada kursor windows 10 karena adanya kesalahan saat update, yang terjadi sistem akan mengembalikan OS Windows 10 ke kondisi semula, atau sebelum di update.

Yang perlu kamu lakukan hanya menunggu sampai sistem tersebut selesai mengembalikan perangkat kamu ke kondisi semulanya. Setelah itu laptop kamu akan meng-restart secara otomatis.

Cara Kedua Mengatasi Layar Laptop Hitam

Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam Hanya Ada Kursor Windows 10

Jika masalah yang menyebabkan munculnya layar hitam Windows 10 bukan dari faktor lain selain pembaruan, maka kamu dapat melakukan instal kartu VGA, berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, kamu masuk ke safe mode, lalu dalam posisi Safe Mode, tekan kanan di Start Menu atau jika kursor tidak dapat digerakkan, kamu tekan tombol Windows+X di keyboard untuk bisa membuka Power User Menu. Kemudian pilih ‘Device Manager’.
  • Setelah kotak Device Manager muncul, silahkan expand atau tekan panah di pilihan ‘Display Adapter’ sehingga tampil jenis adapter VGA yang sesuai dengan laptop kamu.
  • Tekan adapter VGA tersebut, sehingga menampilkan kotak kecil untuk melakukkan konfirmasi jika kamu akan melakukan uninstal adapter VGA yang sedang kamu pakai tersebut. Kemudian tekan ‘OK’.
  • Setelah itu Restart kembali komputer atau laptop kamu. Selesai.

Perlu diketahui bahwa saat uninstal adapter VGA ada pilihan ‘Delete the driver software for this device’. Kamu dapat memberikan tanda centang pada pilihan tersebut, dengan catatan jika laptop VGA kamu dapat menemukan sendiri drivernya secara online. Jika tidak, maka kamu dapat mendownload driver secara manual.

Nah, itu tadi cara mengatasi masalah layar laptop hitam hanya ada kursor windows 10. Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.