Perbedaan ROM dan Memori Internal

Ketika kamu membeli sebuah ponsel tentunya kamu sudah sering melihat ROM sebagai deretan spesifikasi dalam sebuah ponsel. Keduanya merupakan fungsi perangkat yang tentunya akan mempengaruhi biaya dari ponsel itu sendiri.

ROM sendiri merupakan sebuah penyimpanan data firmware dan juga settingan parbrik dari ponsel tersebut dan segala system file yang diperlukan. Singkatnya merupakan memori penyimpanan sistem operasi. Lalu apa perbedaan ROM dan Memori Internal?

Tentunya ada sedikit kejanggalan dan pertanyaan bagi kamu yang belum terlalu memahaminya karena bisa dikarenakan keduanya memiliki fungsi yang hampir sama. Bahkan tidak jarang orang menganggap keduanya sama dan memiliki fungsi yang sama. Hal ini akan membuat kamu mengalami kesalahan ketika membeli ponsel loh.

Baca Juga :  Cara Mencairkan Paylater Gojek

Perbedaan ROM dan Memori Internal

Kebanyakan orang hingga saat ini beraggapan jika ROM itu sama dan memiliki fungsi yang sama juga dengan memori internal. Maka, itu adalah pemikiran yang kurang tepat. Sebagai contoh sederhana apakah kamu pernah kebingungan ketika membeli sebuah ponsel yang mana memiliki ROM 16 GB akhirnya kamu mmebelinya. Namun, ketika kamu menggunakan ponsel tersebut kamu kaget ketika memori yang tersisa hanya 10 GB lalu kemanakah 6 GB tersebut?

Maka, jawabanyannya bisa kamu ketahui ketika kamu bisa membedakan ROM dan memori internal. ROM sendiri merupakan Read Only Memory dimana memiliki fungsi untuk memnyimpan atau sebagai memroi sistem yang bisa di baca namun tidak tertulis kecuali kamu menghapus aplikasi tersebut. Intinya ROM sendiri merupakan media penyimpanan bagi pendukung system yang beroperasi sehingga ponsel berjalan dengan normal.

Baca Juga :  Kapan Rilis Anime Attack On Titan Final Season?

Sementara memory internal sendiri adalah memori yang terpasang di PCB ponsel kalian yang mana memiliki kapasitas besar yang sangat mempengaruhi harga. Jadi, jika kamu akan membeli ponsel pastikan dulu 16 GB tersebut adalah ROM atau memori internalnya yah. Sehingga nantinya kamu tidak akan merasa tertipu ataupun terkecoh. Maka pastikan secara seksama yah.

Itulah perbedaan ROM dan Memori Internal yang bisa kamu ketahui, sehingga kedepannya kamu tidak perlu lagi kebingungan karena sudah mengetahui perbedaan dari ROM dan memeri intenal ketika akan membeli ponsel baru. Semoga bermanfaat.